BERBAGAI KHASIAT TANAMAN BANDOTAN

BERBAGAI KHASIAT TANAMAN BANDOTAN



Berbagai khasiat tanaman bandotan
Bandotan

Postingan kali ini kita akan membahas berbagai khasiat tanaman bandotan yang merupakan tanaman liar dan dikategorikan sebagai tanaman gulma. Nama ilmiah tanaman bandotan adalah ageratum conyzoides, yang memiliki bau seperti kambing bandot (jantan) walaupun kalau dicium tidak sama persis seperti bau kambing. Di desa-desa, tanaman bandotan termasuk dalam pakan hijauan untuk ternak terutama kambing gembel atau domba. Walau dianggap sebagai gulma oleh para petani, namun memiliki khasiat yang bermanfaat sebagai tanaman herbal.

Diantara khasiat bandotan antara lain: hemostatis, diuretik, antipiretik, emenagog, antitoksik dan kaiminatit. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman bandotan terbilang banyak, seperti: friedelin, sulfur, asam amino, organacid, stigmasterol, pectic substance, minyak asiri, kumarin, ageratochromene, ß-sitosterol, potassium chlorida dan tanin. Sedangkan akar tanaman bandotan mengandung minyak asiri, kumarin dan alkaloid.


RAMUAN HERBAL TANAMAN BANDOTAN

- Influenza
Ambillah 60 gram pohon bandotan (akar, batang, daun dan bunga), dicuci bersih, lalu rebuslah dengan 500 ml air hingga tersisa 250 ml, tunggu sampai dingin dan disaring. Minumlah 2x sehari saat pagi dan malam hari.

Ramuan tersebut di atas juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati malaria.

- Luka Berdarah Dan Eksim
Ambillah tanaman bandotan secukupnya, lalu dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus. Oleskanlah hasil tumbukan tersebut pada tempat yang luka atau terkena eksim dan dibalut dengan kain yang bersih. Lakukan secara rutin 3x sehari dan gantilah dengan hasil tumbukan yang baru.

Ramuan di atas juga bisa digunakan untuk mengobati bisul dan borok.


- Perdarahan Rahim
Ambillah 15 gram daun bandotan, dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Tunggu hingga dingin, disaring, lalu minumlah sampai habis. Minum 3x sehari sampai sembuh.

Ramuan tersebut juga bagus untuk mengatasi bisul membandel dan sariawan.

Baca juga ramuan herbal sisik naga untuk mengobati pendarahan lainnya.


- Perawatan Rambut
Ambillah satu pohon tanaman bandotan, cucilah sampai bersih, lalu ditumbuk sampai hancur. Gunakan hasil tumbukan tersebut sebagai masker untuk rambut. Bungkuslah rambut dengan handuk bersih dan biarkan selama 2 jam. Setelah itu, cucilah rambut menggunakan shampo seperti saat keramas. Lakukanlah secara rutin setiap hari.


- Perut Kembung, Mual Dan Mulas
Ambillah segenggam daun bandotan yang masih muda, dicuci bersih, lalu dipotong-potong kecil. Rebuslah dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, setelah dingin saringlah air rebusan tersebut dan diminum 3x sehari.


- Radang Telinga
Ambillah daun bandotan secukupnya, dicuci sampai bersih, lalu ditumbuk hingga halus, setelah itu peraslah untuk mendapatkan airnya. Pakailah air perasan tersebut untuk diteteskan pada telinga yang sakit sebanyak 2 tetes, lakukanlah 4x sehari secara rutin.


- Rematik
Bahan:
  • Segenggam daun beserta batang muda tanaman bandotan
  • Sekepal nasi basi
  • ½ sdt garam

Caranya: cucilah tanaman bandotan tersebut, setelah itu semua bahan dijadikan satu dan ditumbuk hingga hancur dan menjadi adonan. Balurkan adonan tersebut pada bagian yang terkena rematik, lalu dibungkus atau dibalut.

Dosis: lakukanlah sebanyak 3x sehari dan biarkan balutan selama 2 jam, lalu balutan bisa dilepas.

Ramuan di atas bisa dipakai dalam mengobati bengkak karna terkilir atau keseleo.


- Sakit Tenggorokan
Tumbuklah 60 gram daun bandotan yang sudah dicuci sampai hancur, lalu diperas dan ambillah airnya. Tambahkan gula batu secukupnya dan diminum 3x sehari hingga sembuh.

Atau: ambillah daun bandotan secukupnya, dicuci bersih, lalu dijemur sampai kering. Setelah kering, tumbuklah hingga hancur menjadi bubuk. Taburkanlah bubuk tersebut pada tenggorokan yang sakit.


- Sariawan
Daun bandotan sebanyak 15 gram dicuci bersih dan direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Biarkan sampai dingin, disaring, lalu diminum sampai habis. Lakukanlah 3x sehari secara rutin hingga sembuh.


Tumor Rahim
Cucilah 60 gram bandotan yang masih segar, lalu rebuslah dengan 750 ml (3 gelas) air hingga tersisa 250 ml (1 gelas). Tunggu sampai dingin, lalu disaring dan langsung diminum sampai habis. Lakukanlah secara rutin setiap hari hingga sembuh.


Atau: 30 gram daun bandotan kering direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan langsung diminum.

Semoga bermanfaat...