MENGGALI DAN MENGENALI TANAMAN LEGETAN (ACMELLA PANICULATA)

Menggali dan Mengenali Tanaman Legetan (Acmella Paniculata)




Kita akan mencoba menggali dan mengenali tanaman legetan lebih dalam. Hampir semua orang pernah mengalami sakit gigi dan tentunya sakit gigi sangatlah mengganggu aktifitas seseorang yang mengalaminya. Salah satu penyebab sakit gigi adalah keberadaan bakteri dan lubang pada gigi, dimana saat kita mengkonsumsi gula (makanan yang mengandung gula) dimetabolisme dengan sumber energi lainnya, lalu bakteri menghasilkan asam yang menyebabkan rongga pada gigi.

Menggali dan Mengenali Tanaman Legetan (Acmella Paniculata)

Gambar legetan (Acmella Paniculata)


Bakteri jenis Streptococcus mutan merupakan yang paling banyak menyebabkan gigi berlubang dari semua Streptococcus oral lainnya. Bakteri ini bertahan hidup dari jenis karbohidrat yang berbeda. Itulah kenapa kita dianjurkan untuk menggosok gigi, karna disaat kita mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung gula atau yang menyebabkan efek asam pada area mulut, maka pH mulut menjadi asam. Dengan menggosok gigi, pH mulut akan naik menjadi basa, dianjurkan untuk menggosok gigi dengan pasta gigi (odol) yang mengandung mineral seperti kalsium, dll. Sekarang ini juga tersedia pasta gigi dengan kandungan karbon aktif atau arang aktif (biochar/charcoal), kenapa? Karna karbon aktif sifatnya menyerap kotoran dan juga bagus untuk menyerap bakteri.

Bunga berwarna kuning ciri khas legetan

Banyak obat sakit gigi (obat pabrik/kimia) di pasaran yang "katanya" bisa mengobati sakit gigi. Tapi semua obat yang ada belum tentu manjur untuk mengobati sakit gigi, paling tidak, ada obat yang manjur untuk seseorang tapi tidak manjur bagi orang lain. Mungkin tergantung dari dosis atau respon tubuh seseorang terhadap obat tersebut, bisa jadi...

Begitu juga dengan ramuan herbal atau rempah-rempah dari alam yang mudah didapatkan, yang juga bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi, seperti: bawang putih, bawang merah, daun sirih, dll. Tapi lagi-lagi seperti obat pabrik, ada yang manjur untuk seseorang tapi tidak ada efeknya bagi orang lain. Rempah-rempah yang saya sebutkan di atas, sudah diketahui oleh banyak orang, banyak yang bilang "manjur" tapi banyak juga yang bilang "tidak manjur". Pada artikel ini, saya mencoba untuk sharing obat tradisional sakit gigi lainnya yang belum diketahui oleh banyak orang, walaupun mungkin ada juga yang sudah mengetahuinya.

Seperti kalimat yang sudah saya tuliskan di atas, yakni Acmella Paniculata, atau biasa juga disebut legetan dan memiliki nama lain, yaitu: gatang, daun lada, jotang huma, gletang, srunen, seruni sapi, rat-carat, baga, paniculated spot flowers, Sechuan button (Inggris), akarkara, akkalkara (India), merupakan gulma bagi petani, karna tumbuh liar di sawah, kebun ataupun tempat terbuka lainnya. Legetan masih jarang dimanfaatkan oleh banyak orang, padahal bisa dijadikan sayur urap dan bahkan seperti yang sebutkan adalah sebagai obat herbal untuk sakit gigi. Banyak yang mengira bahwa legetan adalah sama dengan gondang-gandung, padahal gondang-gandung berbeda dengan legetan. Nama ilmiah gondang-gandung adalah synedrella nodiflora atau yang dikenal sebagai jotang kuda.

Tanaman liar ini berasal dari Amerika Tropis, lalu menyebar ke Asia Tenggara, Asia Selatan, Cina Selatan. Di Indonesia sendiri, tanaman gulma ini menyebar hampir merata di seluruh wilayah nusantara. Untuk peternak kelinci tentunya tidak asing lagi dengan tanaman gulma ini, karna tanaman ini salah satu makanan paforit kelinci. Tanaman ini tumbuh sepanjang tahun, namun pada musim panas/kemarau yang panjang, tanaman ini biasa mati mengering. Pertumbuhan legetan terbilang cepat dan mampu tumbuh dengan tinggi tanaman hingga 1 meter, bahkan lebih. Bentuk daunnya agak bulat seperti telur, dengan bagian yang meruncing pada ujung daunnya dan memiliki bunga yang bulat, seperti pentol korek, berwarna kuning.


Ramuan Legetan Untuk Pengobatan Herbal


Tanaman legetan mengandung minyak asiri, spilanthol, sphilantin, fitosterin, lemak, kholin, dan kalium. Langsung aja kita bahas cara membuat ramuan herbal legetan:

1. Bau Mulut
Menjadikan daun legetan sebagai lalapan bisa mengurangi bahkan menghilangkan bau mulut. Cara lainnya adalah dengan mengolah daun legetan menjadi sayur sup legetan.

2. Bibir Kering Dan Pecah-pecah
Ambillah bunga legetan secukupnya, cuci sampai bersih, lalu tumbuklah hingga halus. Saat akan tidur, tempelkanlah hasil tumbukannya pada bibir dan biarkanlah sampai keesokan harinya, setelah itu silahkan dibersihkan. Lakukanlah secara rutin setiap malamnya hingga bibir tidak lagi pecah-pecah.
3. Sakit Gigi
Bahan:
  • 1 sdm bubuk daun legetan
  • 1 sdm gilingan akar kecubung hitam
  • Air jeruk nipis secukupnya
  • ¾ cangkir garam
  • Air hangat secukupnya

Caranya: daun legetan yang dikeringkan dan dijadikan bubuk (1 sendok makan) + akar kecubung yang sudah digiling atau ditumbuk (1 sendok makan) + air jeruk nipis + ¾ cangkir  garam + air hangat secukupnya dijadikan satu dan diaduk hingga rata. Lalu, peraslah ramuan tersebut dan saring. Berkumur-kumurlah dengan air saringan tersebut selama beberapa menit.

Dosis: berkumur-kumurlah sebanyak 6x sehari sampai sembuh.

Atau: ambil daun legetan secukupnya, cuci bersih, lalu dikunyah menggunakan gigi yang sakit dan biarkan minimal 2 menit.

Atau: ambil daun legetan dan atau bunganya, cuci bersih, lalu ditumbuk hingga halus. Tempelkan pada gigi yang berlubang.
Atau: ambillah tanaman legetan secukupnya, cuci bersih, lalu dikeringkan. Setelah kering, seduhlah herbal legetan dengan air hangat seperti teh tanpa menggunakan gula, atau bisa ditambahkan garam secukupnya, berkumur-kumurlah dengan seduhan herbal legetan tersebut selagi hangat.

4. Sakit Perut :
Ambillah 7 gram daun legetan, dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saringlah airnya, diminum selagi hangat, 2x sehari pagi dan sore. Ramuan tersebut adalah dosis sekali minum.

5. Sariawan
Rebuslah daun dan atau bunga legetan dengan 250 ml air sampai airnya tersisa 150 ml. Minum secara teratur pagi dan malam hari.

Atau: ambillah daun dan atau bunga legetan, dicuci bersih, lalu ditumbuk hingga halus. Tempelkanlah hasil tumbukannya pada bagian yang terkena sariawan selama mungkin.

Baca: khasiat daun sisik naga untuk mengobati sariawan.

6. Sesak Nafas
Bahan:
  • Segenggam bunga dan daun legetan
  • 2 rimpang jahe
  • 2 rimpang temulawak
  • 500 ml air
  • Garam secukupnya

Caranya: semua bahan dicuci bersih lalu ditumbuk hingga hancur. Rebuslah hingga tersisa 250 ml. Tambahkan garam dan minumlah airnya hangat- hangat.

Dosis: minumlah ramuan tersebut secara rutin setiap hari hingga sembuh.

Ingat, tanaman ini memiliki rasa yang pedas dan agak getir yang merangsang produksi air liur berlebih. Tapi demi kesembuhan tentunya bukanlah masalah, dari pada harus merasakan rasa sakit yang sangat tidak nyaman dari gigi yang bermasalah.


Demikian info obat herbal pada Kitab Obat Herbal di obatherbaldesa.blogspot

Semoga bermanfaat...