BERBAGAI MACAM KHASIAT DAUN SISIK NAGA

BERBAGAI MACAM KHASIAT DAUN SISIK NAGA


Sekarang kita akan coba bahas berbagai macam khasiat daun sisik naga yang memiliki banyak ragam manfaat untuk pengobatan tradisional. Daun sisik naga memiliki kandungan triterpenoid, tanin, flavonoid, gula, fenol, dan juga minyak atsiri.

Berbagai Macam Khasiat Daun Sisik Naga
Daun sisik naga


Ramuan Herbal Daun Sisik Naga:


1. Batuk Berdahak, TB Paru Disertai Batuk Darah
Cucilah 30 gram daun sisik naga dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, setelah hangat airnya disaring lalu diminum. Lakukanlah secara rutin setiap hari hingga sembuh.

Baca juga ramuan herbal untuk batuk darah dari bunga pagoda.


2. Disentri Dan Sembelit
Rebuslah 30 gram daun sisik naga yang sudah dibersihkan dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Lalu saringlah air rebusan tersebut dan minumlah secara teratur.


3. Gondok (Gondongan)
Daun sisik naga secukupnya, dicuci bersih dan direbus. Minumlah 3x sehari secara teratur.

Atau:  tumbuklah daun sisik naga secukupnya hingga  halus, kompreslah bagian yang terkena gondok dengan tumbukan daun sisik naga tersebut, lakukanlah secara rutin dengan menggantinya apabila sudah kering.

Meminum air rebusan sisik naga juga dapat mengobati ambeien.


4. Kanker Payudara
Ambillah 50 gram daun sisik naga dan dicuci bersih, kemudian rebuslah dengan 3 gelas air hingga air tersisa 1 gelas,  lalu saring. Minum 2x sehari @½ gelas.


Atau: untuk kanker secara umum, 30 lembar daun sisik naga yang sudah dibersihkan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih lalu disaring. Minumlah 2x sehari @½ gelas.


5. Keputihan
Bersihkan 60 gram daun sisik naga, rebuslah dengan air secukupnya, setelah agak dingin disaring lalu diminum. Lakukanlah secara teratur setiap hari.


6. Luka Bernanah
Ambil dan cuci daun sisik naga secukupnya, tumbuklah hingga halus, lalu taburkanlah pada bagian yang luka.


7. Mimisan
Ambillah daun sisik naga secukupnya lalu diremas-remas agak hancur dan hasilnya disumpalkan pada hidung yang mimisan.

Atau: ambil 30 gram daun sisik naga segar yang sudah dibersihkan dan direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Tunggu hingga dingin, disaring lalu diminum 2x sehari @½ gelas.


8. Nyeri Sakit Perut
Rebuslah 7 lembar daun sisik naga yang sudah dicuci bersih dengan 2 gelas air. Minum 2x sehari secara rutin.


9. Pendarahan
Caranya, 30 gram daun sisik naga dicuci bersih, lalu digiling sampai halus, peras dan saringlah gilingan tersebut. Minum 3x sehari sampai sembuh.

Untuk pendarahan lainnya, seperti; luka berdarah, berak darah, muntah darah:
Ambil 30 gram daun sisik naga segar yang sudah dibersihkan dan direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Tunggu hingga dingin, disaring lalu diminum 2x sehari @½ gelas.
Atau: tumbuk dan haluskanlah 7 helai daun sisik naga, lalu siramlah dengan ½ gelas air hangat, remas dan peras airnya, tambahkan garam secukupnya dan diminum. Lakukanlah secara teratur (terutama untuk wanita yang lagi haid yang mengeluarkan darah berlebihan).


10. Penyakit Kulit
Rebuslah daun sisik naga secukupnya, gunakan air rebusan tersebut untuk mandi.


11. Radang Gusi
Ambil daun sisik naga secukupnya, dicuci bersih, kunyahlah daun tersebut dan biarkanlah selama mungkin pada bagian gusi yang meradang. Lakukan sebanyak 3x sehari hingga sembuh.


12. Rematik
Ambillah 30 gram daun sisik naga segar dan dicuci bersih, lalu rebuslah dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas, setelah hangat disaring dan diminum. Lakukan 2x sehari @½ gelas.

Atau: tumbuk dan haluskanlah daun sisik naga secukupnya, lalu balurkan hasil tumbukan tersebut pada bagian yang diserang rematik.


13. Sakit Kuning
Ambil 30 gram daun sisik naga, dicuci bersih, rebuslah dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya (1½) gelas, setelah hangat disaring, minum 3x sehari @½ gelas.


14. Sariawan
Ambil segenggam daun sisik naga, dicuci bersih dan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih, tunggu hingga hangat, lalu berkumurlah dengan air ramuan tersebut, lakukan 2x sehari sampai sembuh.


Semoga bermanfaat...