Beragam Khasiat Daun Insulin



Beragam khasiat daun insulin
Tanaman insulin (yakon)

Sebelum membahas beragam khasiat daun insulin, ada baiknya kita mencoba mengetahui informasi umum dari tanaman insulin ini.

Keyakinan pada umumnya menyebutkan bahwa tanaman insulin berasal dari Meksiko dan menyebar ke Amerika Tengah dan Amerika Selatan, lalu disebarkan ke benua Asia dan Afrika. Pada awalnya tanaman ini hanya dikenal sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah berwarna kuning dan belum digunakan atau dikenal sebagai tanaman herbal. Bahkan di Indonesia sendiri tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman hias dan di desa-desa dijadikan pakan ternak sama halnya dengan penduduk Afrika yang menjadikan yakon sebagai pakan ternak.

Tanaman dengan rasa yang pahit ini mempunyai nama latin Smallanthus Sonchifolius. Di tanah Jawa tanamam ini dinamakan rondo semayu atau dikenal secara luas dengan sebutan tanaman yakon. Beberapa negara di Asia, seperti Taiwan, sudah digunakan sebagai tanaman herbal. Begitu juga dengan Brazil, di negara ini yakon biasa dijadikan teh herbal.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa yakon mengandung senyawa aktif yang berguna bagi kesehatan manusia, seperti; sapnin, alkaloid, aloksan, steroid, flavonoid, tanin dan glikosida. Kandungan senyawa tersebut berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri dan antidiabetik yang bermanfaat untuk mengatasi diabetes.

Beberapa khasiat tanaman yakon adalah untuk mengobati hipertensi, liver, ginjal, kanker, diabetes, kesehatan saluran kemih, kesehatan pencernaan, radang tenggorokan, kesehatan kulit, sembelit, malaria, menghilangkan nyeri, dll. Selain itu, yakon berfungsi sebagai makan untuk bakteri baik (prebiotik) karena yakon mengandung fructooligosaccharides yakni sebuah fuktoasi yang sangat baik untuk bakteri yang hidup di usus.


Mengolah Herbal Insulin

Untuk mengatasi diabetes kita dapat mengolahnya dengan merebus 10 lembar daun insulin dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Setelah air rebusan tersebut dingin, langsung disaring dan diminum 2 - 3x sehari, masing-masing 1 gelas sampai sembuh.

Untuk mengolah tanaman yakon untuk pengobatan secara umum, ambillah 15 lembar daun yakon yang masih segar atau yang sudah dikeringkan. Cucilah daun tesebut dan direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, tunggu sampai dingin lalu disaring. Ramuan tersebut diminum 2 - 3x sehari, masing-masing 1 gelas secara rutin setiap hari


Membuat Teh Daun Yakon

Untuk membuat teh dari daun yakon,ambillah sebanyak 20 gram daun yakon, dijemur hingga kering. Lalu rebuslah dengan 800 ml air yang sudah mendidih selama 20 menit, lalu diangkat. Tunggulah hingga airnya berkurang atau terserap oleh daun tersebut, lalu daunnya diambil dan dijemur lagi hingga benar-benar mengering. Setelah mengering, tumbuklah daun tersebut hingga menjadi bubuk.

Dosis penggunaannya adalah dengan menyeduh 15 gram teh yakon menggunakan 600 ml air mendidih, biarkan hingga hangat lalu disaring dan diminum sebanyak 3x sehari. Lakukan secara rutin setiap hari hingga sembuh.


Efek Samping

Penggunaan herbal yakon dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah pada ginjal dan ketidakstabilan gula darah. Meskipun demikian, penggunaan herbal yakon secara bijak dan tidak berlebihan tidak memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh.


Semoga bermanfaat...